Rabu, 29 Mei 2013

Koreksi Lebar Jalur Jalan Terhadap Lalu Lintas Rencana












Berdasarkan data yang disajikan pada tabel, menunjukkan bahwa untuk lebar jalur yang semakin sempit maka faktor koreksi semakin besar. Hal demikian menunjukkan bahwa untuk lebar jalur lalu lintas yang semakin sempit maka kendaraan yang melintas pada kedua lajur semakin bertambah. Dengan bertambah banyaknya lintasan roda kendaraan yang melintas pada area jejak maka jalan tersebut akan semakin cepat rusak atau semakin pendek umur pelayanannya. Khususnya pada jalan yang memiliki lebar lajur 2,5 meter dan 2 meter, mobil penumpang memiliki faktor koreksi lebar lajur berbeda dengan truk serta bus. Perbedaan tersebut dapat dipahami bahwa untuk lebar lajur yang lebih sempit pengendara truk dan bus kemungkinan khawatir kendaraannya terperosok.
Adapun untuk jalan yang memiliki lebar lajur lalu lintas 3 meter dan 3.5 meter, baik untuk mobil penumpang maupun kendaraan truk dan bus memiliki kecenderungan yang relatif sama. Hal demikian menunjukkan bahwa dengan lebar lajur selebar 3 meter dan 3,5 meter pengemudi mobil penumpang dan truk serta bus kecenderungannya merasa relatif lebih leluasa dalam menjalankan kendaraannya.
Perbandingan antara faktor koreksi berdasarkan ASTHO 1993 (tabel 1) dengan hasil pengukuran maka hanya untuk lebar lajur 3 meter dan 3,5 meter yang masih relatif sama, yaitu sebesar 0,5 dari jumlah total kendaraan kedua arah atau sesuai lalu lintas terbanyak dari salah satu arah. Sedangkan untuk lebar lajur kurang dari 3 meter sangat jauh berbeda dari rekomendasi AASTHO 1993. Faktor kpreksi lebar lajur (fw) yang disajikan pada tabel 6 hanya berlaku untuk jalan dengan kondisi yang sama (identik) dengan kondisi ruas jalan yang dipantau.
Perubahan besaran faktor koreksi dapat terjadi, diantaranya akibat kondisi perkerasan kurang baik, daerah tikungan, daerah tanjakan atau turunan dan kurang baiknya kondisi bahu jalan serta untuk ruas jalan dengan volume kendaraan cukup padat.

Sumber :
Jurnal of Nono (Puslitbang Jalan dan Jembatan)


Ditulis Ulang Oleh :
Dina Septavianti (3112030068)






2 komentar:

  1. Apakah anda dapat menampilkan data pengaruh lebar jalan terhadap kendaraan yang dilewati dan dengan grafik kemudian analisa grafik tersebut?

    BalasHapus
  2. jawabannya ada di artikel "jawaban komentar 1 : koreksi lebar jalur jalan" 10 juni 2013

    BalasHapus